patah tulangpengobatantips

15 Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami Sejak Dini

15 Cara Mencegah Osteoporosis,- Osteoporosis merupakan satu di antara penyakit sistemik yang menurunkan massa tulang dan juga perubahan mikroarsitektur pada jaringan tulang. Hal ini dapat menyebabkan adanya resiko patah tulang, tulang rapuh, dan rusaknya tulang. Mungkin Anda pernah menjumpai beberapa orang tua yang mulai terkena osteoporosis. Tapi, kini bukan hanya orang tua yang terkena osteoporosis. Bahkan tak terkecuali, anak muda pun juga bisa saja terkena osteoporosis. Maka dari itu, kita perlu mencegah sejak dini terjadinya osteoporosis, selagi kita masih muda.

15 Cara Mencegah Osteoporosis,- Osteoporosis menggerogoti tulang lebih cepat dibandingkan dengan perbaikan tulang pada tubuh. Namun, kondisi demikian tanpa kita sadari sama sekali, kita akan sadar ketika kita sudah dewasa nantinya dengan adanya tanda patah tulang dan pengeroposan tulang yang begitu cepat. Apalagi osteoporosis ini juga akan semakin bertambah parah jika mengalami gizi yang buruk, malnutrisi, konsumsi obat yang salah, kurangnya olahraga, dan juga kondisi kesehatan yang tidak terjaga.

15 Cara Mencegah Osteoporosis

Langkah Cara Untuk Mencegah Osteoporosis

Dengan memakan makanan-makanan yang bergizi dan berkalsium memang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Bahkan pencegahan dini pun juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Anda tidak ingin kan, keluarga Anda terkena osteoporosis saat tua nanti? Maka dari itu perlu pencegahan sejak dini secara alami untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Berikut adalah 23 cara mencegah osteoporosis secara alami sejak dini:

1.Makanan Bergizi

15 Cara Mencegah Osteoporosis,- Asupan gizi seimbang sangat perlu dalam pertumbuhan tulang. Karena, dengan adanya asupan makanan yang bergizi sejak usia dini dapat membantu uproses pertumbuhan tulang dan memberikan daya tahan tulang pada seseorang.

Baca Artikel Lainnya:  6 Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang

2. Makanan Berkalsium

Seperti yang dijelaskan di atas, kalau kita perlu memakan makanan yang bergizi untuk mencegah osteoporosis. Dalam tubuh kita, secara normal kita membutuhkan kalsium sebesar 1200 sampai 1500 miligram setiap tubuh.

3. Nutrisi yang Tepat

Percuma juga, jika kita memakan makanan yang bergizi, tapi nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi. Tulang pada tubuh kita juga membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mencegah terjadinya osteoporosis secara alami.

4. Olahraga teratur

15 Cara Mencegah Osteoporosis,- Walapun olahraga bukan jenis dari makanan, namun, olahraga dengan menggerakan tubuh kita, itu adalah hal penting dalam proses pembentukan tulang kita lho. Karena, dengan melakukan olahraga yang teratur, bisa mencegah melemahnya tulang kita. Apalagi kalau olahraga dilakukan setiap paginya, selain kita bisa memperkuat tulang, kita juga mendapatkan sinar matahari yang mengandung vitamin D. hal ini sangat cocok buat kamu yang kerja di gedung dan perkantoran.

5. Menjaga Kesehatan

Walaupun sudah olahraga teratur, percuma kalau kita tidak menjaga kesehatan. Kita perlu menghindari makanan yang bisa mengandung kolestrol. Karena kolestrol bisa memperhambat pertumbuhan tulang.

6. Zat besi

Kita juga perlu makan makanan yang mengandung zat besi. Karena, zat besi dapat memperkuat tulang kita. Sehingga kita bisa mencegah kerapuhan pada tulang kita agar tidak terjadi osteoporosis.

7. Vitamin D

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa tulang kita membutuhkan vitamin D dalam proses pertumbuhannya. Agar tulang kita tidak mudah rapuh dan keropos. Tulang manusia dewasa pada umumnya membutuhkan vitamin sebanyak 400 UI.

8. Diet berlebihan

15 Cara Mencegah Osteoporosis,- Jika diet tidak mengandung cukup kalsium, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari tulang kita loh. Karena organ tubuh kita juga membutuhkan kalsium selain tulang. Sehingga diet yang berlebihan juga dapat menjadi salah satu alasan terjadinya osteoporosis.

Baca Artikel Lainnya:  15 Penyebab Ngilu dan Sakit Pada Tulang

9. Yoghurt, susu skim, keju

Makan makanan yang mengandung protein sangat perlu untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang kita. Sehingga makanan berprotein seperti yoghurt, susu skim, dan keju sangat cocok untuk mencegah terjadinya osteoporosis secara alami. Apalagi, makanan-makanan yang mengandung protein dapat memperkuat dan menyehatkan tulang.

10. Kacang-kacangan

Tahu nggak, kalau kacang-kacangan mengandung banyak sekali kandung yang di antaranya kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk memperkuat tulang agar tidak mudah rapuh dan keropos. Contoh kacang-kacangan yang bagus untuk tulang adalah kedelai, lima, dan lentil.

11. Kacang almond & Pistachio

Kacang almond dan pistachio merupakan jenis kacang yang sumber kalsiumnya sangat tinggi. Sehingga, untuk mencegah terjadinya osteoporosis secara alami sejak dini sangat cocok dengan kacang almond dan pistachio.

12. Sayuran

Kembang kol, brokoli, dan bit merupakan jenis sayuran yang sangat recommended untuk dimakan dalam proses pencegahan osteoporosis. Kita harus rutin mengkonsumsi sayur-sayuran untuk pertumbuhan tulang kita agar sangat kuat.

13. Ragi

Tagi sangat baik sekali untuk tulang kita loh. Karena ragi mengandung 330 – 350 mg kalsium per 100gr ragi. Sehingga, ragi merupakan satu di antara makanan bergizi yang cocok dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang kita.

14. Kurma

Ternyata, kurma yang manis dan lezat ini bisa membuat tulang kita kuat secara alami. Nah, sangat enak bukan? Sudah makan enak, sehat lagi. Kurma yang mengandung kalsium tinggi ini sangat cocok untuk memperkuat tulang kita.

15. Buah khas Timur

Sumber kalsium dan magnesium untuk kepadatan tulang yang tinggi adalah buah-buahan khas dari Timur. Salah satunya adalah kurma tadi. Nah, mungkin itu sebabnya kenapa unta sangat kuat tulangnya.

Baca Artikel Lainnya:  Ciri-Ciri Tulang Retak Pada Kaki dan Lutut

15 Cara Mencegah Osteoporosis

Referensi: https://www.wikipedia.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close