Akuntan dan Accounting Software Indonesia, Kombinasi Apik Tim Keuangan Perusahaan


Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan accounting software Indonesia atau software akuntansi di perusahaan maupun bisnis semakin marak. Karena itulah, perusahaan yang umumnya membutuhkan 4 hingga 5 orang akuntan kini hanya memerlukan 2 atau 3 orang akuntan saja. Lantas apakah penggunaan software ini mengurangi lapangan kerja bagi para akuntan?
Pada dasarnya akuntan adalah profesi yang berfokus pada analisa informasi keuangan serta mempersiapkan laporan keuangan baik untuk perusahaan maupun bisnis. Laporan keuangan tersebut berfungsi untuk menentukan maupun mempertahankan arsip aset, kerugian, keuntungan, maupun urusan keuangan lainnya.

Accounting Software Indonesia

Software akuntansi merupakan suatu program komputer yang dirancang khusus dengan tujuan untuk membantu kerja akuntan. Pekerjaan akuntan yang dimaksud adalah mengumpulkan semua transaksi yang terjadi di perusahaan kemudian diproses menjadi jurnal akuntansi sehingga menghasilkan suatu laporan keuangan.

Manfaat software yang satu ini cukup beragam, contohnya menghasilkan laporan yang dapat dijadikan bahan referensi terkait pengambilan keputusan perusahaan. Software ini juga memungkinkan untuk dapat mencetak faktur penjualan sesaat setelah transaksi selesai di-input, untuk meminimalisir terlewatnya pengiriman tagihan kepada pelanggan.

Data terkait hutang piutang perusahaan yang jatuh tempo disajikan secara up to date, sehingga perusahaan mudah untuk mengelola arus kas. Software akuntansi ini juga tersaji dengan istilah-istilah akuntansi yang telah sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga bagi pengguna yang belum memahami software ini telah disediakantemplate kode-kode rekening perkiraaan yang dapat dirubah, dihapus, maupun langsung digunakan dalam proses transaksi.

Akuntan 

Secara umum tugas akuntan adalah menyiapkan, memeriksa, dan menganalisa arsip akuntansi maupun laporan keuangan. Akuntan juga menyusun tabel rekening serta menempatkannya pada pos yang sesuai, mengembangkan serta mendokumentasikan semua catatan keuangan perusahaan. Menghitung pajak terutang serta menyiapkan fomulir pajak penghasilan, memastikan pembayaran, pelaporan, serta syarat pajak telah terpenuhi juga merupakan tugas seorang akuntan.

Meskipun accounting software Indonesia memiliki manfaat yang beragam, terdapat beberapa tugas akuntan yang tidak dapat digantikan oleh software akuntansi, diantaranya

1. Fungsi Validasi

Fungsi validasi tidak dapat tergantikanoleh software akuntansi. Karena dalam sebuah pencatatan transaksi, software akuntansi hanya memproses data yang dimasukkan ke dalam software tanpa melalui proses validasi data. Validasi data dalam artian apakah data tersebut valid atau tidak, sehingga peran akuntan disini adalah untuk melakukan proses validasi yang tidak dapat dilakukan oleh software.

2. Fungsi Analisa

Merupakan fungsi yang hanya dapat dilakukan oleh akuntan sebelum maupun sesudah memasukkan data ke dalam software akuntansi, karena software tersebut tidak dapat melakukan analisa apakah input data yang terjadi telah sesuai dengan keadaan sebenarnya atau tidak.

3. Fungsi Evaluasi

Proses evaluasi maupun audit terhadap transaksi yang dilakukan tentu penting untuk dilakukan. Namun proses tersebut tidak dapat dilakukan software akuntansi, sehingga akuntan lah yang berperan dalam hal evaluasi.

Itulah ulasan mengenai akuntan dan accounting software Indonesia bagi pengelolaan perusahaan yang baik. Baik akuntan maupun software akuntansi, keduanya berperan dalam keberlangsungan bisnis perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Akuntan dan Accounting Software Indonesia, Kombinasi Apik Tim Keuangan Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel