Tanya Dokter Online Kandungan: Faktor Penyebab Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah


Sering pasti diantara Anda yang melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah atau kurang dari normal. Sebenarnya berat bayi yang lahir ini mencerminkan kondisi perkembangan dan juga pertumbuhan mereka ketika masih ada di dalam kandungan. Apakah cukup nutrisinya ataukah tidak maka bisa dilihat disini. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah adalah ketika ia dilahirkan dengan berat kurang dari 2,5 kg dan kategori sangat rendah ketika berat badannya adalah di bawah 1,5 kg. Tanya dokter online kandungan mengenai hal ini dan resikonya.

Dengan berat badan yang begitu rendah ini tentunya tak hanya berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mereka ketika baru dilahirkan, melainkan juga berhubungan dengan kelangsungan hidupnya, sehingga sudah pasti sangat berbahaya. Apalagi jika seandainya bayi tersebut lahir sebelum waktunya atau yang dikenal sebagai kelahiran prematur, maka biasanya kerap kali berat badannya juga dibawah normal dan memiliki resiko lebih tinggi terkait dengan beragam masalah kesehatan.

Selain karena lahir secara prematur, adapun juga beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan bayi tersebut lahir dengan berat badan yang rendah. Berikut ini diantaranya yang patut diketahui, yaitu:

  1. Status gizi dari ibu sebelum hamil, misalnya adalah pada perempuan yang memang memiliki indeks massa tubuh yang kurang dari normal, yaitu berada di bawah angka 18,5, maka peluangnya juga jauh lebih besar untuk melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah, jika dibandingkan dengan wanita yang memang memiliki IMT yang normal sebelum memasuki masa kehamilan. Untuk itu sebelum program hamil memang sangat disarankan dalam menjaga berat badan agar ideal, sehingga kelak pada saat kehamilan juga janin yang dikandung bisa normal tercukupi kebutuhan gizinya.
  2. Berat badan bumil, selain berat badan sebelum hamil, maka berat badan ketika sudah hamil juga harus dipantau. Karena pada saat sudah hamil maka harus dipenuhi asupan nutrisi atau gizinya, mengingat sudah ada nyawa lain yang dikandung, sehingga normalnya harus mengalami kenaikan antara 8 hingga 18 kg, sesuai dengan status atau kebutuhan gizinya. Jika terlalu sedikit angka berat badan yang naik. Maka beresiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal.
  3. Usia wanita pada saat hamil, pada beberapa wanita yang hamil ketika masih dalam usia remaja, maka rentan sekali bayi yang dilahirkannya juga memiliki berat badan di bawah normal. Karena pada dasarnya tubuh perempuan yang masih remaja sebenarnya belum siap untuk menghadapi kehamilan, disebabkan oleh kecukupan nutrisi pada usia tersebut. Sehingga resiko bayi lahir dengan berat badan kurang dari normal mencapai 50 persen.
  4. Jarak waktu melahirkan dengan anak yang lainnya, jika seandainya jarak waktu melahirkan antara anak pertama dan juga kedua terlalu berdekatan, maka tubuh belum menyimpan cukup nutrisi untuk kehamilan tersebut, sehingga menjadi penyebab bayi lahir dengan berat badan kurang dari normal.
  5. Kondisi kesehatan bumil, ketika sedang hamil dan Anda mengalami beberapa keluhan seperti diantaranya adalah anemia, memiliki riwayat keguguran sebelumnya, sampai dengan infeksi penyakit tertentu. Maka juga patut diwaspadai, karena bisa jadi nantinya bayi lahir dengan berat badan di bawah normal.

Pantau terus kehamilan Anda agar tetap sehat diantaranya adalah tanya dokter online kandungan. Lebih mudah karena bisa mengandalkan aplikasi dari Halodoc. Langsung saja download dan install aplikasinya sekarang juga.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter Online Kandungan: Faktor Penyebab Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel