Bisakah Seseorang Terhindar dari Virus Korona? Berikut Penjelasannya!


Virus korona sekarang ini telah menjadi pandemi di seluruh dunia. hingga saat ini, dilaporkan sebanyak lebih dari 600.000 pasien terkonfirmasi positif Covid19. Angka tersebut termasuk angka kematian yang berjumlah lebih dari 33.000 dengan persentase kematian lebih dari 4%. Sisanya masih dalam perawatan ataupun sudah sembuh dan bisa dipulangkan dari rumah sakit. Para ahli membuat spekulasi bahwa satu dari 2 hingga 3 orang akhirnya akan terinfeksi virus ini dengan angka kematian sekitar 3% dari total jumlah orang yang terinfeksi corona.

Di Indonesia sendiri kasus virus Corona terus bertambah. Hingga saat ini jumlah pasien positif Corona berada di angka 1.500 lebih jiwa dengan angka kematian mencapai lebih dari 130 jiwa. Angka ini sangat besar karena memiliki persentase lebih dari 8%nya. Meski begitu Indonesia juga memiliki pasien yang sembuh dan terus bertambah angkanya khususnya dari pasien-pasien di luar Jabodetabek. Meski Virus Corona telah menyebar di hampir semua provinsi di Indonesia, namun harapan untuk bisa terhindar dari wabah pandemi ini harus terus ada. Bahkan secara ilmiah cara untuk bisa terhindar dari wabah ini sudah dijelaskan dan sekarang ini coba diterapkan oleh pemerintah.

Untuk bisa menghindari Corona, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara Corona bisa menginfeksi manusia. Virus Corona atau covid19 merupakan jenis virus influenza yang bisa menular melalui droplet manusia terinfeksi saat ia batuk atau bersin. Droplet pasien positif corona mengandung virus dan saat batuk virus tersebut bisa menyebar dan terhirup orang disekitarnya. Virus juga bisa menempel pada benda mati dan terus aktif di sana hingga berjam-jam. Manusia yang menghirup virus bisa langsung timbul gejala seperti demam dan batuk serta sesak nafas. Namun bagi mereka yang memiliki sistem imun baik, bisa tidak bergejala meski dia positif corona. Akan tetapi orang tersebut tetap bisa menularkan virus dan disebut sebagai carrier atau pembawa.

Virus yang menempel pada benda mati dapat mengkontaminasi permukaan lain yang bersentuhan, misalnya tangan Anda ketika sedang menyentuh benda yang mengandung virus. Dari seorang carrier yang sesekali batuk, virus juga bisa disebarkan ke banyak orang. penularan dari kontaminasi benda mati dan carrier inilah yang membuat penyebaran virus menjadi sangat cepat dan mudah. meski begitu, bukan tak mungkin menghindari kontaminasi virus corona, jika Anda melakukan hal-hal berikut ini:

Di rumah saja.

Tidak bepergian ke luar rumah sehingga tidak memungkinkan Anda terkontaminasi virus. Jangan juga menerima tamu karena Anda tidak tahu apakah tamu tersebut merupakan carrier.

Physical distancing.

Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter jika harus keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.

Cuci tangan dengan sabun.

Tangan Anda merupakan sarang kuman karena ada banyak permukaan yang telah disentuh. Karenanya seringlah mencuci tangan dengan sabun untuk mematikan virus dan mencegahnya masuk melalui mata, hidung dan mulut.

Membersihkan rumah dan lingkungan.

Karena virus bisa hidup di benda mati, jangan lupa untuk juga membersihkan area rumah dengan cairan desinfektan.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa berupaya semaksimal mungkin untuk terhindar dari virus korona. Selain itu selalu jaga imunitas tubuh karena virus dapat dilawan dengan sistem imun yang kuat sehingga Anda bisa sembuh dari gejala penyakit covid19. Makan makanan yang sehat seperti buah, sayur dan suplemen untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehari-hari.

Belum ada Komentar untuk "Bisakah Seseorang Terhindar dari Virus Korona? Berikut Penjelasannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel