Tips Memilih Asuransi Anak Terbaik yang Bagus untuk Pendidikan


Modal terbaik yang bisa diberikan oleh orang tua kepada anaknya untuk membuka peluang masa depan yang cerah adalah pendidikan. Dengan mengenyam pendidikan terbaik, anak juga akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi pribadi yang sukses di masa mendatang. Tentu saja pendidikan yang diberikan haruslah sesuai dengan bakat dan minat si kecil sehingga ia dapat menjalaninya dengan penuh semangat. Namun untuk memberikan pendidikan yang terbaik, Anda juga harus siap dengan biaya pendidikan yang semakin lama semakin tinggi. Persiapkan sedari dini agar kewajiban tidak terasa terlalu berat dengan cara memiliki asuransi anak terbaik yang bagus dalam bidang pendidikan.

Asuransi pendidikan merupakan salah satu asuransi wajib yang harus dimiliki untuk keluarga. Asuransi ini bisa dimulai sedari dini yaitu sejak memiliki anak meski usianya masih bayi. Semakin cepat memiliki asuransi pendidikan untuk si kecil maka akan semakin hemat premi yang harus Anda bayarkan untuk memiliki uang pertanggungan besar. Sekarang ini ada banyak pilihan perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi pendidikan sehingga Anda bisa leluasa memilih mana yang terbaik untuk si kecil. Sedikit tips untuk Anda dalam memilih asuransi pendidikan terbaik, antara lain:

1. Kredibilitas perusahaan asuransi

Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang diharapkan dapat berjalan dalam jangka waktu yang lama. Tentunya Anda akan mempersiapkan dana untuk bekal pendidikan si kecil hingga jenjang tertinggi seperti S1 atau S2. Butuh waktu hingga puluhan tahun jika Anda memulainya sejak si kecil masih balita. Karena itu jangan memilih perusahaan asuransi yang belum memiliki track record baik di Indonesia agar Anda tenang dan nyaman dalam memiliki asuransi.

2. Besaran uang pertanggungan

Uang pertanggungan selalu menjadi point pemilihan yang harus diperhatikan. Semakin besar uang pertanggungan yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi maka akan semakin baik. Namun ini juga terkait dengan nominal premi yang Anda bayarkan setiap tahunnya. Pada pengisian uang pertanggungan yang diharapkan, jangan menghitungnya hanya dari biaya pendidikan saat ini namun perhatikan tingkat inflasi hingga nanti saat anak Anda berada di usia jenjang pendidikan tertinggi. Dengan memperhatikan nilai inflasi maka Anda akan mendapatkan uang pertanggungan yang dibutuhkan. Misalnya, jika saat ini uang untuk kuliah S1 mencapai sekitar Rp. 200 juta, mungkin sepuluh tahun kemudian nilainya bisa menjadi Rp. 1 Miliar sesuai dengan tingkat nilai inflasi yang terjadi.

3. Cara klaim

Memilih asuransi yang terbaik juga harus memperhatikan cara klaim sebagai hak Anda. Pastikan perusahaan asuransi memiliki pengalaman yang positif untuk prosedur klaim yang dilakukan oleh nasabah. Cara klaim yang mudah misalnya yang bisa dilakukan secara online atau sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan akan memudahkan Anda untuk mendapatkan uang pertanggungan.

Selain dengan cara memilih asuransi terbaik, Anda juga harus jeli saat membeli asuransi pendidikan. Kesalahan yang sering dilakukan oleh nasabah adalah mencantumkan nama anak sebagai tertanggung sedangkan seharusnya nama tertanggung adalah nama Anda sebagai penanggung jawab asuransi. Dengan begitu jika terjadi sesuatu hal misalnya kematian atau kecelakaan yang mengakibatkan Anda tak bisa lagi meneruskan pembayaran asuransi, anak Anda akan langsung mendapatkan uang pertanggungan untuk biaya pendidikannya. Sistem ini memang mirip dengan asuransi jiwa yang berfungsi untuk memberikan uang pertanggungan sebagai biaya sekolah. Namun uang pertanggungan juga tetap bisa cair jika sudah saatnya anak memerlukan biaya pendidikan.

Asuransi anak terbaik yang bagus juga harus memiliki sifat fleksibel. Sebagai contoh, di awal polis, Anda hanya memperkirakan kebutuhan uang pertanggungan yaitu Rp. 1 Milyar. Namun di tengah waktu asuransi, kebutuhan dirasa kurang dan Anda ingin menambahkannya menjadi Rp. 2 Milyar. Asuransi pendidikan yang baik dapat meneruskannya dengan menyesuaikan pembayaran premi dengan durasi asuransi hingga terjadi klaim. Dengan begitu Anda tak perlu menambah beli asuransi yang lebih rumit dan memakan waktu. Agar asuransi pendidikan lebih bermanfaat, Anda juga bisa menambah untuk memiliki asuransi jiwa jika usia Anda dan anak bungsu terpaut cukup jauh.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Asuransi Anak Terbaik yang Bagus untuk Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel