Manfaat Asuransi Jiwa dan Kesalahan dalam Membeli Asuransi


Asuransi jiwa merupakan perlindungan yang diberikan untuk tertanggung sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga yang perlu dilindungi untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa berupa ganti rugi dan jaminan finansial ketika meninggal dunia atau cacat permanen karena kecelakaan. Alasan dibutuhkannya asuransi jiwa adalah untuk memberikan perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga dari resiko kejadian yang dapat muncul tiba-tiba dan menyebabkan musibah. Asuransi jiwa hadir sebagai sarana untuk membantu masalah finansial dimana ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan jika pemegang polis meninggal dunia dan uang pertanggungan yang diberikan untuk digunakan sebagai biaya setiap harinya.

Dengan adanya asuransi jiwa maka seseorang secara tidak langsung menabung untuk setiap bulannya membayar premi dalam waktu yang panjang, sehingga mendorong seseorang untuk lebih bijak dan hemat dalam mengelola keuangan dengan baik. Asuransi jiwa memiliki kemampuan untuk membantu pelunasan melunasi utang, jika memiliki kredit kepemilikan rumah maka asuransi akan berperan dalam melunasi kesulitan untuk mengangsur cicilan pada debitur. Asuransi jiwa dianggap sebagai bentuk investasi dalam kontrak tanggungan yang lebih panjang dan memberikan ketenangan hidup karena perencanaan masa depan keuangan sudah jelas.

Berikut adalah manfaat asuransi jiwa untuk tertanggung diantaranya:

  • Mencegah terjadinya kerugian besar karena premi yang dibayarkan setiap bulannya akan memberikan perlindungan sesuai dengan polis yang diberikan dan keluarga tidak perlu kuatir untuk masalah keuangan jika sakit.
  • Memberikan perasaan aman karena kematian dan sakit yang tidak diprediksi membuat tertanggung lebih tenang dan terhindar dari stres.
  • Menjadi tempat untuk mengelola keuangan dengan sehat dibantu dengan agen asuransi yang akan membantu memberikan pengaturan keuangan untuk keluarga.
  • Menjadi salah satu cara untuk melakukan investasi dengan hasil yang diperoleh setelah beberapa tahun polis masih aktif.

Jenis asuransi jiwa salah satunya adalah asuransi jiwa berjangka yang memberikan perlindungan untuk tertanggung sesuai dengan jangka 5 tahun, 10 tahun hingga 20 tahun. Asuransi ini memberikan manfaat untuk tertanggung yang lebih mengutamakan kebutuhan keluarga dan masa depan anak dalam dunia pendidikan. Keuntungan dari asuransi jiwa berjangka adalah pemegang polis untuk menentukan besaran premi dan uang pertanggungan yang diperoleh hingga milyaran rupiah dalam masa kontrak aktif. Asuransi jiwa seumur hidup merupakan perlindungan tertanggung hingga berusia 100 tahun dengan keuntungan nilai tunai pada premi akan diperoleh oleh tertanggung, premi yang dibayar tidak hangus bila tidak melakukan klaim dan ketika kontrak berakhir maka seluruh uang pertanggungan yang diterima akan diberikan. Asuransi dwiguna merupakan perlindungan dengan tipe asuransi berjangka dan tabungan yang memberikan keuntungan untuk tertanggung bila masih hidup akan mendapatkan uang pertanggungan.

Berikut adalah kesalahan ketika membeli asuransi jiwa diantaranya:

  • Uang pertanggungan yang terlalu kecil sehingga menyebabkan kerugian untuk tertanggung di kemudian hari.
  • Beli asuransi sebagai investasi adalah salah satu bentuk kesalahan mengartikan fungsi utama dari asuransi hal ini membuat premi yang dibayarkan terbagi untuk perlindungan dan investasi.

Selain itu banyak sekali orang yang tidak semua butuh asuransi jiwa karena biasanya jika tidak memiliki orang yang dapat ditanggung maka tidak akan diterima sendiri. Untuk mendapatkan banyak manfaat asuransi jiwa maka sebaiknya jika ingin membeli asuransi sebaiknya jangan terlalu dini memilih asuransi unit link. Asuransi unit link memberikan manfaat untuk investasi setelah 5 tahun pertama dan biasanya jumlah premi untuk perlindungan menjadi lebih kecil sehingga akan menyebabkan kekecewaan untuk tertanggung jika tidak memahami hal ini.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Asuransi Jiwa dan Kesalahan dalam Membeli Asuransi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel