patah tulangpengobatan
Trending

Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut

20 Cara Memperkuat Tulang Kaki dan Lutut Secara Alami

Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut bisa dilakukan untuk hasil tulang kaki & lutut yg sehat & bisa digunakan untuk aktivitas secara lancar.

Selamat datang di website www.obatpatahtulang.my.id yang akan membahas tentang informasi bagaimana cara menguatkan tulang kaki dan lutut pada manusia, dengan menggunaakn cara cepat menguatkan tulang supaya tidak mudah patah dan tahan banting bisa kuat tanpa menggunakan obat. langsung saja simak artikel cara menguatkan tulang dibawah ini:

Tulang kaki dan lutut merupakan salah satu anggota gerak tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Hal ini disebabkan dengan kaki dan lututlah kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Tulang kaki dan lutut bisa membuat kita berdiri, berjalan, bahkan berlari. Jika tulang kaki dan lutut tidak sehat atau rapuh, maka efek yang terjadi adalah mudah lelah, tidak bisa berdiri dan berjalan terlalu lama, hingga ketidakmampuan kaki dan lutut untuk digunakan beraktivitas secara maksimal.

Oleh sebab itu 20 Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut beserta ini bisa dilakukan untuk menunjang supaya tulang dan juga otot pada sekitar kaki dan lutut bisa tetap sehat dan kuat, sebagai berikut:

1. Terapi Dengan Memijat

Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut,- Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah sebab terapi pijat bisa meningkatkan sirkulasi darah di sekitar area yang dipijat. Dengan lancarnya sirkulasi darah tersebut, itu berarti transfer oksigen dan nutrisi kepada otot maupun tulang di sekitar daerah yang dipijat menjadi maksimal. Hal ini akan menunjang memperkuat jaringan dan juga tulang yang bersangkutan. Cara terapi pijat untuk cara menguatkan tulang kaki dan lutut yang bisa dilakukan adalah dengan bantuan minyak zaitun atau minyak kelapa. Gosokkan minyak pada bagian lutut atau kaki yang dikehendaki. Gosok dan usap dengan lembut tapi dengan tekanan yang kuat selama kurang lebih 15 menit. Hasil yang dirasakan akan sangat baik efeknya bagi kekuatan tulang kaki dan juga lutut.

Baca Artikel Lainnya:  15 Penyebab Ngilu dan Sakit Pada Tulang

2. Garam Epsom

Garam epsom itu sendiri memang memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Tujuan dari penggunaan garam epsom ini adalah untuk mengurangi atau mencegah inflamasi di sekitar lutut sebagai persendian yang cukup vital peranannya sebagai elemen sistem gerak. Garam epsom ini cocok untuk mereka yang sudah memiliki gangguan atau kelemahan tulang seperti osteoporosis dan osteoarthritis. Magnesium dari garam epsom baik juga untuk menunjang menyerap kalsium sehingga proses penguatan tulang bisa lebih maksimal. Caranya adalah dengan melarutkan garam epsom sebanyak 2 sendok makan pada air hangat sebanyak setengah cangkir. Siapkan kain untuk menunjang mengoleskannya pada lutut. Tunggu hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat yang bersih untuk menghilangkan bekasnya. Atau, bisa juga dengan merendam kaki pada air yang sudah mengandung garam epsom.

3. Olahraga Berenang

Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut,- Salah satu olahraga yang bisa menunjang memperkuat tulang kaki dan juga lutut adalah berenang. Berenang memiliki manfaat untuk melatih persendian dan juga kekuatan tulang pada kaki dan juga tangan. Bahkan olahraga renang ini merupakan pilihan olahraga terbaik untuk menghindari nyeri persendian dan juga nyeri pada kaki. Berenang bisa menghilangkan kekakuan pada persendian termasuk lutut. Selain itu berenang bisa menunjang otot di sekitar sendi untuk lebih menguat. Berenang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun dan kebugaran tubuh jika dilakukan secara rutin. Setidaknya berenang bisa dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu. Hal ini akan berefek baik bagi kesehatan tulang kaki dan lutut, serta kesehatan tubuh pada umumnya.

4. Rutin Konsumsi Makanan Yg Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu nutrisi pokok untuk menciptakan tulang yang kuat. Jika ingin memiliki cara memperkuat tulang kaki dan juga lutut yang kuat, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang cukup bagi kelangsungan metabolisme tulang yang baik.

Baca Artikel Lainnya:  Mencegah Osteoporosis Secara Alami Sejak Dini

5. Perbanyak Asupan Vitamin D

Selain kalsium, nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan juga sendi adalah vitamin D. Vitamin D bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan maupun dari suplemen vitamin. Namun vitamin D terbaik dan gratis bisa diperoleh dari aktivitas berjemur di bawah sinar matahari pagi secara rutin.

6. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3

Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut,- Omega-3 bukan hanya baik untuk otak dan kecerdasan saja, melainkan juga ampuh untuk menjaga kesehatan dari lutut. Hal ini disebabkan minyak ikan memiliki kandungan senyawa yang bisa menunjang memperkuat persendian, terutama lutut dan juga kekuatan tulang. Ada efek positif dari konsumsi omega-3 untuk tulang dan lutut, di antaranya bisa mengurangi nyeri pada persendian dan mencegah kaku sendi. Hal ini dibuktukan pada penelitian dalam Jurnal Internasional mengenai Bedah Saraf dan Ilmu Neurologi yang terbit pada 2006. Adapun makanan yang mengandung omega-3 yang banyak adalah dari makanan ikan laut seperti salmon, sarden, dan juga tuna. Selain itu, konsumsi minyak ikan juga baik untuk memenuhi omega-3.

7. Perbanyak Asupa Vitamin C

Selain vitamin D, rupanya vitamin C juga berperan dalam menunjang memperkuat tulang dan sendi termasuk lutut. Hal ini disebabkan tulang rawan di prsendian juga membutuhkan kolagen. Sedangkan kolagen itu sendiri bisa didapatkan dari vitamin C itu sendiri. Vitamin ini juga bisa menunjang membentuk tulang yang lebih padat sehingga bisa tercegah dari retak atau patah tulang.

8. Terus Menjaga Berat Badan

Sangat banyak kasus obesitas yang kemudian mempengaruhi kesehatan tulangnya. Hal ini disebabkan timbunan lemak bisa menyebabkan tulang terbebani lebih dari yang seharusnya, sehingga lebih mudah retak atau patah. Maka dari itu, menjaga berat badan juga merupakan salah satu hal yang akan menunjang meningkatkan kesehatan dari tulang dan sendi.

Baca Artikel Lainnya:  Ciri-Ciri Tulang Retak Pada Kaki dan Lutut

Selain itu, beserta beberapa cara yang juga bisa dilakukan untuk memperkuat tulang kaki dan lutut:

  • Mengonsumsi makanan anti-inflamasi
  • Melakukan gerakan squat dan squat jump
  • Melakukan gerakan calf raise
  • Melakukan olahraga skipping
  • Melakukan latihan fisik lunges dan side lunges
  • Melakukan gerakan sprint
  • Rutin melakukan step up
  • Melakukan high jump sebagai latihan fisik
  • Melakukan plank jump in
  • Rutin melakukan box jump
  • Gerakan butterfly twist juga bisa menunjang
  • Melakukan front kick

Demikianlah 20 Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut yang bisa dilakukan untuk menunjang tulang kaki dan lutut agar tetap sehat dan bisa digunakan dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari sebagai anggota gerak yang sehat. Semoga bermanfaat.

Referensi: obat herbal patah tulang

Cara Menguatkan Tulang Kaki dan Lutut

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close